PERKIRAAN MODAL USAHA ATK UNTUK ANDA CALON PENJUAL DI PADI UMKM


Modal usaha ATK untuk pemula memang tidak besar, Di tengah fluktuasi harga-harga sekarang ini, sulit untuk menemukan angka pasti. Namun, berikut ini telah dibuat perkiraan modal yang dibutuhkan berdasarkan harga ATK yang ada di pasaran. Jangan takut untuk anda para pemula jika ingin membuka bisnis ATK di PaDi UMKM, coba simak ulasan seputar modal usaha berikut ini yang dikutip dari bang izal toy com

Pertama yaitu Modal untuk Investasi, Modal investasi adalah segala biaya yang dikeluarkan untuk keperluan memulai usaha. Adapun biaya investasi untuk toko ATK adalah sebagai berikut ini:

Etalase : Rp2.000.000, Rak display : Rp1.500.000, Meja Kursi Kasir : Rp300.000, Signage : Rp200.000, Total : Rp4.000.000

Biaya investasi ini perlu ditambahkan biaya sewa tahunan sekitar 10 juta rupiah untuk kios ukuran 2x3 meter persegi. Jadi di awal, perlu disiapkan dana sebesar 14 – 15 juta rupiah. Namun jika memilih berjualan di rumah, maka biaya sewa bisa dihilangkan dari perkiraan modal.

Biaya operasional adalah segala pembelanjaan terkait berlangsungnya kegiatan toko sehari-hari. Ini termasuk juga di dalamnya gaji karyawan dan belanja barang dagangan. Berikut ini kisaran angkanya:

Belanja ATK : Rp3.500.000, Listrik : Rp50.000, Gaji Karyawan : Rp1.500.000, Kantong plastik : Rp50.000, Biaya perlengkapan : Rp50.000, Lain-Lain : Rp100.000, Total : Rp5.250.000

Asumsi Pendapatan, Pendapatan diasumsikan dengan omzet harian sebesar 250.000, maka pendapatan dan keuntungan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

Pendapatan: Omzet per hari 250.000 x 30 = Rp7.500.000

Keuntungan: Pendapatan – Biaya Operasional : 7.500.000 – 5.250.000 = 2.250.000

Nah, modal usaha ATK untuk pemula rasanya masih masuk akal dan terjangkau. Untuk memperbesar keuntungan, coba tawarkan kerjasama ke kantor-kantor atau instansi pemerintah dalam hal pengadaan ATK. Cara ini banyak dicoba oleh pelaku usaha ini dan terbukti dalam sebulan bisa meraup keuntungan sampai puluhan juta rupiah. Jangan ragu untuk mengirimkan proposal penawaran karena ini salah satu jalan agar usaha bisa sukses.

Menjalankan usaha ATK tidak diperlukan keahlian khusus. Yang diperlukan hanyalah sikap ramah kepada pelanggan dan memastikan stok barang selalu tersedia. Walaupun sedikit, namun jika varian barang dagangan lengkap, maka pelanggan akan kembali lagi. Siapa saja bisa menjalankan usaha ini terutama pemula yang ingin usaha sampingan.

Modal usaha ATK terbilang kecil apalagi jika usaha dibuka dengan memanfaatkan lahan di rumah. Untuk sebuah toko ATK kecil berukuran 3x3 atau bahkan 2x3 bisa dimulai dengan kisaran modal di bawah 10 juta. Usaha sampingan layaknya dimulai dari rumah dan dijalankan sendiri dulu untuk menekan biaya dan memaksimalkan keuntungan.

Keuntungan lainnya adalah usaha ATK tidak memerlukan tempat yang fancy untuk bisa dijalankan. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa usaha ini bisa dijalankan dari rumah. Atau jika memang harus menyewa kios, kios kecil saja sudah cukup untuk membuka usaha ini. Selain itu, tidak perlu mendekor atau melakukan renovasi atas tempat usaha. Jadi biaya bisa kembali ditekan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " PERKIRAAN MODAL USAHA ATK UNTUK ANDA CALON PENJUAL DI PADI UMKM"

Post a Comment