Apa Yang Harus dilakukan Orang Tua Jika Vaksin Anak Telat?

 


            Vaksin merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran penyakit yang tidak hanya bagi dewasa namun juga untuk anak. Dengan diberikan vaksin kita juga memberikan perlindungan untuk anak dari segala macam jenis penyakit yang bisa mengancam mereka. Pemerintah pun sudah menetapkan 5 vaksinasi dasar yang wajib anak dapatkan sebelum mereka berusia 1 tahun, loh! Namun sayangnya, selama masa pandemi, tidak banyak orang tua yang mau mengantarkan anaknya untuk melengkapi vaksinasi dasar tersebut. Selain takut terjadi penularan COVID-19 pada anak, ada juga orang tua yang sibuk dengan jadwalnya sehingga sampai lupa untuk cek jadwal vaksinasi anak. Padahal, sekarang sudah bisa vaksin dengan cara daftar vaksin online dengan mudah seperti di sini https://lemihealth.id/artikel/cara-mudah-daftar-vaksin-online-. Jika kemudahan seperti di atas sudah ada, gimana ya biar para orang tua tidak lupa lagi? Nah, mari kita simak paparannya di artikel ini.

 

Manfaat Imunisasi

             Manfaat dari imunisasi adalah mencegah dan mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit-penyakit yang berbahaya dan menular. Dengan imunisasi, tubuh anak akan secara otomatis sudah lengkap dengan sistem imun yang bekerja spesifik untuk melawan virus, bakteri, atau kuman penyebab penyakit tersebut. (hellosehat.com). Jika ada anak yang belum mendapatkan imunisasi maka akan berisiko menularkan penyakit yang nanti mereka derita ke orang lain. Akumulasinya adalah akan menjadi wabah penyakit dan tingkat kematian akan semakin tinggi.

 

Bagaimana Jika Anak Terlambat Imunisasi?

            Dengan adanya jadwal yang padat sebagai orang dewasa, pastinya seringkali orang tua melupakan jadwal imunisasi anak. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Jika jadwal imunisasi telat, segeralah konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk vaksinasi susulan. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak ada kata terlambat untuk menyusulkan imunisasi yang sudah terlewat.

 

Bagaimana agar Anak tidak Terlambat Imunisasi?

            Ada beberapa cara agar kamu yang sudah memiliki buah hati agar terhindar dari pemberian imunisasi yang terlambat, seperti :

  1. Buat pengingat di ponsel

Ponsel pastinya sudah menjadi barang yang sering dibawa oleh orang dewasa. Ada baiknya mulai memberikan penanda di kalender pada ponsel untuk mencatat kapan jadwal imunisasinya akan terlaksana.

  1. Catat dan tempel ditempat yang mudah dilihat

Apabila membutuhkan pengingat ganda selain pasangan, bisa juga dengan mencatatnya dan ditempelkan di dinding yang biasa sering dilihat sehari-harinya. Dengan ini maka akan ada kemungkinan imunisasi anak akan terlupa lagi.

  1. Selalu ingat tanggal lahir anak

Jadwal vaksinasi biasanya terjadwal sesuai dengan tanggal lahir anak setiap bulannya. Jadi, seharusnya tidak lupa lagi dengan jadwal si kecil, bukan?

  1. Daftar vaksin secara online

Untuk memudahkan datang ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan vaksin, sekarang para orang tua bisa mendaftarkan vaksin secara online seperti yang tersedia pada Lemihealth.id. Jenis layanannya juga bisa dipilih apakah ingin melakukan vaksinasi dewasa, vaksinasi perjalanan, dan imunisasi anak.

            Ingat, tidak ada kata terlambat bagi para orang tua apabila ada vaksin anak yang tertinggal, ya!

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Apa Yang Harus dilakukan Orang Tua Jika Vaksin Anak Telat? "

Post a Comment